keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Dari Seorang Muhammad Ali
Olahraga, Umum

6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Dari Seorang Muhammad Ali

6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Dari Seorang Muhammad Ali

savoring.net – Muhammad Ali merupakan seorang petinju terbaik sepanjang masa. Yang diberi julukan “The Greatest of All Time” padahal sebenarnya julukan ini awalnya ia sendiri yang membuatnya, tapi lama kelamaan banyak yang mulai sepakat, dan kemudian julukan ini terus melekat kepadanya hingga saat ini.

 

6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Dari Seorang Muhammad Ali
Sebetulnya sih bukan hanya sekedar prestasi di atas ring saja yang membuat ia terkenal dan dikagumi oleh banyak orang di seluruh dunia. Justru prestasi yang telah ia lakukan di luar ring lah yang membuat namanya begitu harum dan saat ini terus dikenal. Tapi sayangnya prestasi di luar ring ini justru jarang diketahui banyak orang.

Berikut ini kami mengulas 8 prestasi Muhammad Ali di luar ring tinju yang perlu anda ketahui :

1. Seorang Petinju yang Sangat me-Legenda

Ali dikenal sebagai seseorang yang memiliki kepribadian yang menarik dan petinju juga merupakan petinju yang tak ada bandingannya di dunia hingga saat ini. Di dalam ring pertandingan, ia lebih dikenal sebagai petarung yang cerdik, yang mengombinasikan kesabaran, kelincahan kakinya, dan kecepatan tangannya dalam setiap ajang pertarungan. Di sepanjang kariernya Ali sudah mencatatkan pertarungan dengan lawannya dengan 56 kemenangan – 37 di antaranya dengan KO – dan hanya 5 kekalahan. Ia pun sudah tiga kali meraih sabuk juara kelas berat di waktu yang berbeda.

2. Pernah Menghilangkan Medali Emas

Ali pernah merebut medali emas di Olimpiade Roma 1960 saat ia masih menggunakan nama Cassius Clay. Dalam otobiografi yang pernah terbit pada 1875, Ali menyatakan telah membuang medali nya tersebut ke sungai, saat itu ia diusir dari sebuah restoran di Louisville AS dan dihina oleh sekelompok orang berkulit putih. Akan tetapi ada dua penulis biografi lainnya mengatakan bahwa Ali tak secara sengaja menghilangkan medali emas itu.

3. Pukulan Terkeras dari Lawan Yang Menjadi Sahabat

Ali sudah banyak melakoni pertarungan di dalam ring. Dan Ali melakoni laga profesional pertama kalinya pada tahun 1960, saat itu iamelawan Tunney Hunsaker, seorang polisi di Fayetteville, West Virginia, AS. Ali dan Hunsaker dikabarkan belakangan menjadi sahabat dan dalam otobiografinya, Ali mengakui bahwa salah satu pukulan terkeras yang pernah dirasakannya adalah pukulan Hunsaker. Wah ternyata pukulan keras itu bisa menjalain sebuah hubungan persahabatan juga ya, hehe.

Dikutip dari www.databio.net

4. Penggantian Nama Seorang Ali

Setelah Malcom X membantunya menjadi seorang anggota pada organisasi Nation of Islam, ia mengganti namanya dari Cassius Clay menjadi Cassius X. Lalu, Malcom X kemudian keluar dari organisasi itu, tetapi Cassius masih tetap bertahan dan mengubah namanya menjadi Muhammad Ali. Pemimpin Nation of Islam, Elijah Muhammad mengatakan bahwa yang digunakan itu adalah nama Ali sesungguhnya.

5. Pernah Mendekam Di Dalam Penjara

Ali sempat menolak mengikuti wajib militer AS pada 1967. Dan akibat yang harus ia rasakan adalah dia dimasukkan ke dalam penjara selama lima tahun. Ia pun kehilangan gelar juara dunia, dan tak bisa bertarung dalam kejuaraan tinju, justru pada saat itu ia sedang berada dalam usia emasnya. Ali sendiri tak pernah dijebloskan dalam penjara, karena memutuskan untuk naik banding. Dan kemudian pada 1971 Mahkamah Agung AS menolak dakwaan jaksa terhadap Ali.

6. Menjadi Olahragawan Terhebat

Ali sempat dinobatkan sebagai olahragawan terhebat pada abad 20 oleh Majalah Sports Illustrated saat itu. Ia juga diundang bertemu oleh Ratu Elizabeth, Paus Yohanes Paulus II, Fidel Castro, Nelson Mandela dan Saddam Hussein. Kemudian ia juga diberi anugerah Presidential Medal of Freedom pada 2005 oleh Presiden George W Bush. Sungguh prestasi yang sangat luar biasa.

 

Baca juga :

OPPO F1 Plus Harga Terbaru dan Spesifikasi
Unsur Seni Lukis
Ukuran Lapangan Sepakbola