keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Cara Budidaya Jamur Tiram Putih
Pertanian dan Kehutanan

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

budidaya-jamur-tiram

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Savoring.net –  Jamur tiram atau Pleurotus ostreatus adalah jenis jamur yang termasuk dalam kelompok Basidiomycota. Disebut dengan jamur tiram karena jamur ini memiliki bentuk tajuk menyerupai kulit tiram, jamur ini berwarna putih dan berbentuk setengah lingkaran.

Banyak orang kini membudidayakan jamur tiram ini. Berikut adalah cara Budidaya jamur tiram di http://www.faunadanflora.com 

Persiapan baglog Jamur

Baglog merupakan media tanam tempat meletakkan bibit jamur tiram. Bahan utama membuat baglog adalah serbuk gergaji, karena jamur tiram termasuk jamur kayu. Baglog dibungkus plastik berbentuk silinder dengan salah satu ujung diberi lubang untuk keluar jamur saat jamur sudah tumbuh.

Menyiapkan Rumah Jamur atau kumbung

Sebelum melakukan budidaya jamur tiram anda harus menyiapkan kumbung yang biasanya berupa bangunan yang berisi rak-rak untuk meletakkan baglog jamur. Kumbung tersebut biasanya dibuat dari bambu atau kayu, dindingnya dibuat dari papan, lantainya dari tanah, dan atap dibuat dari genteng agar bangunan atau ruangan kumbung tetap terjaga suhu dan kelembabannya. Setelah kumbung, lengkapi bagian dalam kumbung dengan rak untuk menyusun baglog jamur, rak berupa kisi-kisi yang dibuat bertingkat, rak tersebut dibuat dari bambu atau kayu.

Sebelum baglog jamur disusun di rak kumbung maka bersihkan dahulu kumbung dan rak dari kotoran, kemudian lakukan pengapuran dan penyemprtan fungisida lalu diamkan selama 2 hari.

Perawatan Baglog Jamur

Sebelum disusun, cincin dan kertas penutup baglog dibuka lalu diamkan selama sekitar 5 haridan agar menambah kelembaban lantai tanah kumbung disiram. Selanjutnya potong bagian ujung baglog agar memberi ruang yang lebih lebar untuk pertumbuhan jamur, lalu diamkan selama 3 hari danlakukan penyiraman pada lantai kumbung kembali. Untuk melakukan penyiraman pada baglog dilakukan dengan menggunakan sprayer, yaitu penyiraman membentuk kabut bukan tetesan air dan lakukan penyiraman ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Pemanenan Jamur tiram

Jamur tiram dapat dipanen 1 hingga 2 minggu setelah pembukaan tutup baglog. baglogjamur dapat dipanen sebanyak 5 hingga 8 kali. Lakukan pemanenan pada jamur yang telah mekar dan besar, warnanya putih bersih dan tudungnya belum pecah. Jarak pemanenan pertama dengan pemanenan berikutnya sekitar 2 hingga 3 minggu.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Cara Budidaya Jamur Tiram Putih .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :