keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Fungsi Guru Sebagai Pengelola Pembelajaran Di Sekolah
Pendidikan

Fungsi Guru Sebagai Pengelola Pembelajaran Di Sekolah

Fungsi Guru

Fungsi Guru Sebagai Pengelola Pembelajaran Di Sekolah

Savoring.net – Peran guru dalam dunia pendidikan memang ada banyak. Salah satu dari sekian banyak peran yang harus diemban oleh seorang guru adalah sebagai pengelola dan organisator dalam dunia pendidikan. Dalam peran ini tentu guru punya tugas dan kewajiban untuk mengelola pembelajaran dengan sebaik mungkin.

Dengan pengelolaan pembelajaran yang baik tentu pendidikan yang berlangsung dan proses pendidikan akan berjalan terencana dan sesuai dengan tujuan pendidikan. Tentunya juga tak hanya melaksanakan dan mengelola pembelajaran saja karena guru juga harus mengelola kelas dan siswa serta semua aspek yang diperlukan agar proses belajar mengajar jadi lancar. Seperti apa sajakah fungsi guru sebagai sosok pengelola pembelajaran dalam dunia pendidikan?

Fungsi Guru Sebagai Pengelola Pembelajaran Di Sekolah

Fungsi seorang guru sebagai pengelola dalam pembelajaran di sekolah memang ada banyak peranannya. Dan ada beberapa fungsi guru sebagai pengelola pembelajaran di sekolah yang akan diterima diantaranya :

  • Rencanakan tujuan pembelajaran dengan sebaik mungkin
  • Melakukan pengorganisasian atas berbagai sumber belajar agar dapat mewujudkan tujuan belajar yang terstruktur, dan komprehensif.
  • Ya, guru juga punya fungsi memimpin. Yang nantinya fungsi ini meliputi antara motivasi, pendorongan dan pemberian simulasi pada siswa.
  • Sangat penting juga fungsi guru dalam mengawasi segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa apakah sudah berfungsi sebagaimana mestinya atau belum dalam rangka pencapaian tujuan yang http://url.ie/zqg8

Tentunya nanti akan terlihat dari fungsi – fungsi yang dimiliki dan harus dilakukan guru sebagai seorang manager atau sebagai seorang pengelola dalam pembelajaran yang cukup kompleks. Dan belum lagi guru juga harus dapat menjalankan peran yang sangat penting dan menandakan bahwa profesi guru bukan merupakan sebuah profesi yang ringan dan mudah untuk dijalani.

Memang menjadi seorang guru sangat butuh kemampuan dan juga disiplin ilmu atas profesi yang diemban agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang terbaik sebagai seorang guru. Nantinya soal pengelolaan yang harus diemban dalam pembelajaran mulai dari rencana, tata laksana sampai dengan evaluasi pembelajaran akan dilaksanakan.

Guru juga harus dapat mengelola dan juga menghadapi serta turut melihat perkembangan dari peserta didik. Pengelolaan kelas juga harus dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Hal ini menjadi aspek pendukung yang sangat penting supaya menciptakan suasana belajar yang kondusif dan agar siswa jauh lebih mudah untuk belajar. Dengan begini nantinya penyampaian bahan dan materi ajar juga tercapai dengan baik.

Demikian kiranya sedikit informasi tentang Fungsi Guru Sebagai Pengelola Pembelajaran Di Sekolah. Mari kita sama – sama berkontribusi dan bekerjasama untuk membenahi pendidikan Indonesia. Dan untuk masyarakat mari memberikan apresiasi yang terbaik untuk pendidikan Indonesia.

Baca juga artikel lainnya tentang pendidikan :