keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Landasan Yuridis Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan

Landasan Yuridis Pendidikan Anak Usia Dini

Landasan Yuridis Pendidikan Anak Usia Dini

savoring.net – Kenapa sih harus mengulas landasan pendidikan anak usia dini (PAUD)? Bagi para pendidik atau pun guru mengetahui landasan pendidikan memang sangat diperlukan dan juga dianjurkan sekali. Sebab dengan tahu landasan pendidik anak usia dini tersebut, maka pendidik nantinya akan lebih professional lagi di dalam mendidik peserta didiknya tanpa mengganti atau pun bahkan menghilangkan bakat serta potensi dan juga fitrah anak. Juga anak bisa maupun dapat mempertimbangkan treatment apa sajakah yang harus diberikan pada anak agar anak lebi aktif lagi dalam belajarnya.

landasan-yuridis-pendidikan-anak-usia-dini

Landasan yuridis pendidikan anak usia dini

  • Perlu Anda tahu bahwasannya dalam pembukaan UUD tahun 1945 menyatakan bahwasannya “Melindungi segenap bangsa Indonesia & seluruh tumpah darah Indonesia & untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdasrkan kehidupan bangsa”. Lalu pada Amandemen UUD tahun 1945 ayat 2 pasal 28 B dinyatakan bahwasannya “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, & berkembangan & berhak atas perlindungan dari kekerasan & diskriminasi”.
  • Dalam UU no 23 tahun 2002 mengenai perlindungan anak ayat 1 pasal 9 dinyatakan bahwasanya “Setiap anak berhak memperoleh pendidikan & pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya & tingkat kecerdasannya sesuai minat & bakatnya”.
  • UU no 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasioan ayat 14 pasar 1 juga menyatakan tentang pendidkkan anak pada usia dini ini merupakan suatu upaya dari pembinaan yang telah ditujukan pada anak sejak dia lahir hingga usia 6 tahun yang dilakukan lewat pemberian rangsangan penddiikan untuk bantu pertumbuhan dan juga perkembangan jasmani serta rohani supaya anak nantinya mempunyai kesiapan di dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut lagi.
  • http://www.ilmubahasainggris.com/kata-motto-hidup-dalam-bahasa-inggris/ Berbeda halnya dengan pertanyaan di atas, Bredekamp dan juga Copple telah mengemukakan bahwasannya pendidikan anak usia dini ini mencakup berbagai program yang layani anak mulai lahir hingga usia 8 tahun yang telah dirancang untuk dapat meningkatan perkembangan intelektual, emosi, social, bahasa, dan juga fisik.
  • Sedangkan dalam dokumen Permendiknas ini sendiri tepatnya no 58 tahun 2009 mengenai standar pendidikan anak usia dini, yang dinyatakan bahwasannya standar dari tingkat pencapaian perkembangan berisikan kadiah pertumbuhan dna juga perkembangan anak usia dini sejak dia dilahirkan hingga dengan usia 6 tahun. Tingkatan dari perkembangan yang telah diharapkan tersebut bisa dicapai oleh anak di setiap tahapan perkembangannya, bukanlah merupakan suatu tingkatan dari pencapaian yang menyangkut kecakapan akademik pada anak itu sendiri.

Nah, itulah tadi beberapa informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda semuanya tentang landasan yuridis pendidikan anak usia dini. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi ya.

Baca Juga >>>