keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli
Pendidikan

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

savoring.net – Seni rupa merupakan cabang dari seni yang membentuk karya seni melalui media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan seperti ini sendiri diciptakan dengan mengolah konsep titik, bidang, garis, bentuk, warna, volume, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Adapun Pengertian Seni Rupa menurut pendapat beberapa ahli yang kami lansir dari situ Silontong.Com. Berikut ini penjelasannya :

1. Kottak Menyakatan Seni sebagai kualitas, ekspresi, keindahan alam atau apapun yang melebihi keasliannya & klasifikasi objek dengan kriteria estetika.

2. J.J Hogman mengungkapkan Seni merupakan sesuatu yang mempunyai unsur ide-ide, kegiatan, & artefak.

3. Aristoteles menyatakan Seni merupakan tiruan dari alam, namun alam harus ideal.

4. Plato & Rousseau : Seni merupakan hasil dari imitasi alam dalam segala aspeknya.

5. Ki Hajar Dewantara menyatakan Seni merupakan tindakan manusia yang timbul dari perasaan & alam yang indah, sehingga aduk jiwa perasaan manusia http://www.profillengkap.com/

6. Ahdian Karta Miharja menjelaskan bahwa Seni merupajan kegiatan rohani yang mencerminkan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isi yang dimiliki oleh penerima dalam membangkitkan pengalaman spiritual tertentu.

7. Drs. Sudarmaji menjelaskan bahwa Seni merupakan semua manifestasi dari pengalaman mental & estetika menggunakan bidang media, garis, warna, tekstur, volume & gelap.

8. Drs Popo Iskandar : Seni merupakan hasil dari ekspresi emosional yang ingin di sampaikan kepada orang lain rasa komunitas / kelompok.

9. Prof. Drs. Suwaji bastomi menyatakan Seni merupakan aktivitas mental dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk kekuatan besar yang membangkitkan rasa heran dan emosi.

10. Enslikopedia Indonesia menjelaskan bahwa Seni itu merupakan penciptaan segala sesuatu atau benda karena keindahan orang senang melihat ataupun mendengarnya.

11. Schopenhauer : Seni itu meruapakan setiap usaha dalam menciptakan bentuk-bentuk lain dari menyenangkan. Menurut semua orang senang dengan seni musik meskipun seni musik tersebut adalah seni abstrak yang paling.

12. Eric Ariyanto mengungkapkan bahwa Seni merupakan kegiatan rohani atau aktivitas mental yang tercermin dalam bentuk kerja yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkan.

13. Kuntjaraningrat : Seni merupakan kompleks ide, gagasan, nilai-nilai, norma, & aturan di mana pola yang kompleks aktivitas dan tindakan manusia dalam masyarakat & objek biasanya bentuk manusia.

14. William A. Haviland : Seni itu merupakan sistem keseluruhan yang melibatkan penggunaan imajinasi kreatif dari manusia dalam sekelompok orang dengan budaya tertentu.

15. Irving Stone menjelaskan bahwa Seni merupakan kebutuhan pokok. Seperti halnya roti atau anggur atau mantel hangat di musim dingin. Mereka yang berpikir seni adalah sebuah kemewahan, bukan pikiran utuh. Jiwa manusia menjadi lapar akan seni serta perut menggeram untuk makanan.

Itulah sekilas penjelasan tentang 15 Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga :