keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Tahapan Tumbuh Kembang Bakat Sih Kecil
Pendidikan

Tahapan Tumbuh Kembang Bakat Sih Kecil

Tahapan Tumbuh Kembang Bakat Sih Kecil

savoring.net – Bunda, apa Anda sudah pernah merasa sangat khawatir dengan masa depan sih kecil? Apa pekerjaaannya nanti? Dan apa profesi yang tepat baginya? Bukik Setiawan adalah seorang ahli bakat anak sekaligus penulis buku “Bakat Bukan Takdir”, mengatakan bahwasannya pengalamannya menemani tumbuh kembang bakat puterinya, Ayunda Damai 10 tahun. Berikut ini adalah kisahnya.

Tahapan Tumbuh Kembang Bakat Sih Kecil

Tahap-tahap tumbuh kembang bakat anak

Asyiknya eksplorasi

Semenjak Ayunda kecil, dia diberikan banyak stimulasi di dalam bentuk permainan. Permainan yang diberikan tersebut dimaksudkan adalah aktifitas menantang tanpa adanya target khusus. Semangatlah jadi lebih pada eksplorasi supaya anak mendapatkan kesempatan untuk mencoba berbagai aktifitas. Dia pun juga dibacakan ceriat dari buku, supaya Ayunda bisa mengeksplorasi kecerdasan aksara. Tak hanya itu saja, dia juga diajak bermain lego, supaya mengeksplorasi kecerdasann logi9ka serta imajinasinya. Di kesempatan lain, Ayunda melihat latihan menari supaya dia dapata mengeksplorasi kecerdasan tubuh serta music. Bahkan dia juga dikenalkan tumbuhan serta hewan yang ada di sekitar, supaya dia dapat mengeksplorasi kecerdasa alam. Bermain flying fox? Ya, supaya Ayunda bisa merasakan kecerdasan tubuhnya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Siklus perkembangan bakat sih kecil

Setelah eksplorasi, lantas apa yang harus dilakukan. Howard Gardner adalah seorang professor psikolog pendidikan dan konseptor dari teori kecerdasan mejemuk menjelaskan tentang tahapan sejak awalnya anak kenali kecerdasan majemuk sampai pada tahapan kreatif. Namun sayangnya, penjelasannya cukup singkat. Penjelasan pokoknya saja tetapi tak menjabarkan apa yang harus dilakukan sebagai orangtua di dalam menyikapi anak untuk berkarier yang cemerlang. Yang mana fase awal siklus ini adalah sudah dipraktekkan pada anak, dan fase akhirnya adalah Bukik praktekkan sendiri.

Mengajak anak kenal dirinya

Pada fase eksplorasi ini adalah fase yang Bukik lakukan bersama Ayunda, ada 3 tugas yang harus dilakukan para orangtua, yakni stimulasi, kenali, dan juga refleksikan kecerdasan majemuk pada anak. Fase yang berikutny adalah fase belajar lebih mendalam lagi. Ada 4 tugas perkembangan bakat anak, yakni fokus belajar, tekun belajar, gemar belajar, dan juga belajar mendalam.

Merancang ke arah kariernya

ilmubahasainggris.com Berdasar hasil fase belajar secara mendalam dan juga eksplorasi ekosistem bakat, Ayunda akan menyusun arah kariernya yang nantinya akan menjadi dasar baginya di dalam menentukan pilihan jurusan serta profesinya. Pilihan yang akan bakal dihormati, sebab tujuan Bukik adalah tahu pilihan tersebut berdasar proses panjang sejak dia kecil. Siklus perkembangan bakat ini ada kaitannya dengan proses tumbuh kembang anak dengan perkembangan kariernya di masa dewasa nanti.

Demikianlah sekilas informasi tentang tahapan tumbuh kembang bakat sih kecil yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga >>>