keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Ukuran Lapangan Sepakbola
Olahraga, Pendidikan

Ukuran Lapangan Sepakbola

savoring.net – Sepakbola adalah olahraga yang paling bergengsi dibelahan bumi ini dan dapat dibilang olahraga yang sangat populer, karena hampir setiap orang dapat memainkannya, dari semua usia dan semua kalangan.

Dan dalam memainkannya pun terbilang cukup mudah, karena tidak membutuhkan peralatan yang banyak hal ini dikarenakan hanya dengan lahan terbuka atau lapangan, 2 buah gawang serta 1 buah bola sepak, maka sudah bisa memainkannya.

ukuran-lapangan-sepakbola

Sebagai cabang olahraga yang nomor satu, tentunya sepakbola memiliki peraturan-peraturan yang telah disusun secara detail serta jelas oleh organisasi atau induk sepakbola dunia yaitu FIFA, selain peraturan FIFA pula telah menentukan ukuran dari lapangan sepakbola yang standar untuk bisa melakukan pertandingan sepakbola. Sehingga untuk seluruh kompetisi di seluruh penjuru dunia sudah ada standarisasinya.

Dan berikut ini merupakan ukuran lapangan sepakbola yang telah ditentukan oleh FIFA:

a. Ukuran Keseluruhan :

– Panjang lapangan minimum 90 – 120 meter
– Lebar lapangan minimum 45 – 90 meter

b. Sedangkan untuk pertandingan level internasional :

– Panjang lapangan minimum 100 – 110 meter
– Lebar lapangan minimum 64 – 75 meter

c. Garis tengah

Garis tengah lapangan sepakbola diletakkan tepat di tengah-tengah lapangan yang membagi lapangan menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama.

d. Lingkaran Tengah

Lingkaran tengah memiliki ukuran radius 9,15 meter. Adapun pertandingan sepakbola dimulai sering disebut dengan kick off.

e. Tiang Gawang

Untuk tinggi sera lebar dari tiang gawang di desain memang lebar dan termasuk sangat tinggi. Seorang kiper dituntut harus pandai membaca arah datangnya bola sehingga dapat menangkap bola dari tendangan lawan. Adapun untuk tiang gawang sendiri ukurannya harus memiliki perbandingan 3 : 2 dengan berbentuk persegi panjang, lebar dari tinggi gawang biasa nya sekitar 7-7,5 meter dengan tinggi sekitar 2,5 meter. Dan idealnya posisi penjaga gawang diisi oleh pemain yang berpostur cukup tinggi agar dapat menangkap bola dengan maksimal http://www.seputarpendidikan.com

f. Area Gawang

Penjaga gawang atau kiper mempunyai area tersendiri yang cukup terbatas. Dan area dari penjaga gawang disini diantaranya dengan panjang 16,5 meter dengan luas sekitar 40 meter, hanya pada kotak persegi ini sajalah seorang penjaga gawang diperbolehkan untuk menggunakan tangan dalam mengambil bola. Jika menangkap bola diluar batas yang telah ditentukan maka sang kiper akan dikenakan sanki oleh wasit berupa kartu kuning dan tendangan bebas.

g. Gol Area / Area Panjang Gawang

Daerah ini adalah area kekuasaan dari penjaga gawang sehingga jika ada benturan dengan penjaga gawang maka pemain lawan akan dianggap melakukan pelanggaran.

h. Penalty Area

Merupakan sebuah kotak yang berbentuk persegi panjang dan sering disebut dengan kotak pinalti. Memiliki panjang 40 meter serta lebar 16,5 meter. Untuk melakukan tendangan pinalty jaraknya 11 meter dari gawang yang disebut juga sebagai titik putih.

Semua penjelasan diatas sudah merupakan standarisasi dari FIFA. Adapun setiap stadion sepakbola sebenarnya memiliki ukuran lapangan yang berbeda-beda antara stadion satu dengan stadion lainnya, tetapi semuanya masih di dalam range yang sudah ditentukan oleh FIFA.

Baca Lainnya: